Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Visi dan Misi

 

Visi dan Misi

Print

VISI DAN MISI
PENGADILAN TINGGI AGAMA SAMARINDA

 

Sample Image

A.       VISI

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda adalah bagian dari lingkungan Peradilan Agama sekaligus sebagai kawal depan Mahkamah Agung dimana visinya mengacu pada VISI Mahkamah Agung RI sebagai puncak kekuasaan kehakiman di Negara Indonesia, yaitu : “ TERWUJUDNYA  PERADILAN AGAMA YANG AGUNG DI LINGKUNGAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SAMARINDA ”

Visi tersebut dirumuskan dengan merujuk pada Pembukaan UUD 1945, terutama alinea kedua dan alinea keempat, sebagai tujuan Negara Republik Indonesia. Dalam cetak biru Mahkamah Agung RI (2010-2035) dituangkan usaha-usaha perbaikan untuk mewujudkan badan peradilan Indonesia yang agung. Badan Peradilan Indonesia yang Agung, secara ideal dapat diwujudkan sebagai sebuah Badan Peradilan yang:

  1. Melaksanakan fungsi kekuasaan kehakiman secara independen, efektif, dan berkeadilan
  2. Didukung pengelolaan anggaran berbasis kinerja secara mandiri yang dialokasikan secara proporsional dalam APBN.
  3. Memiliki struktur organisasi yang tepat dan manajemen organisasi yang jelas dan terukur.
  4. Menyelenggarakan manajemen dan administrasi proses perkara yang sederhana, cepat, tepat waktu, biaya ringan dan proporsional.
  5. Mengelola sarana prasarana dalam rangka mendukung lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan kondusif bagi penyelenggaraan peradilan.
  6. Mengelola dan membina sumber daya manusia yang kompeten dengan kriteria obyektif, sehingga tercipta personil peradilan yang berintegritas dan profesional.
  7. Didukung pengawasan secara efektif terhadap perilaku, administrasi, dan jalannya peradilan.
  8. Berorientasi pada pelayanan publik yang prima.
  9. Memiliki manajemen informasi yang menjamin akuntabilitas, kredibilitas, dan transparansi.
  10. Modern dengan berbasis TI terpadu.

 

B. MISI

Misi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dirumuskan dalam upaya mencapai visinya, yakni "Mewujudkan Peradilan Agama Yang Agung Di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda”. Fokus pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda adalah pelaksanaan fungsi kekuasaan kehakiman yang efektif, yaitu memutus suatu sengketa/menyelesaikan suatu masalah hukum khususnya bagi yang beragama Islam guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dengan didasari oleh keagungan, keluhuran, dan kemuliaan institusi. Misi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda selaras dengan misi Mahkamah Agung RI yang tertuang dalam cetak birunya (blue print Mahkamah Agung RI) 2010-2035, adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kemandirian Peradilan Agama di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda ;
  2. Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan di Provinsi Kalimantan Timur ;
  3. Meningkatkan kualitas kepemimpinan Peradilan Agama di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda ;
  4. Meningkatkan kredibilitas dan transparansi Peradilan Agama di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda ;