Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

Ramah-Tamah Pemerintah Kabupaten Paser dengan

Jajaran Pengadilan Agama se Kaltim dan Kaltara

 Samarinda |www.pta-samarinda.net [22/08/2017]

Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan selamat datang di Kabupaten Paser, Bumi Daya Taka dengan mottonya “Olo Manin Aso Buen Siolondo, yang artinya, hari esok lebih baik dari pada hari ini, dengan mengusung visi yaitu “Terwujudnya Kabupaten Paser Maju Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan”. Begitulah ucapan selamat datang dari Bupati Paser yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Paser Drs. Aji Sayid Fathur Rahman, M.Si pada acara ramah-tamah dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda DR. H. Bunyamin Alamsyah, SH., M.Hum beserta jajaran Peradilan Agama se Kaltim-Kaltara, yang juga dihadiri oleh segenap Pimpinan FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Satuan Kerja Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal dan para undangan lainnya.

Sambutan Ketua PTA Samarinda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Paser dalam rangka malam ramah-tamah

Acara ramah-tamah yang dilaksanakan pada Selasa malam tanggal 22 Agustus 2017 itu dimulai pukul 19:30 wita bertempat di Pendopo Bupati Paser diawali dengan makan malam bersama, dilanjutkan dengan tarian selamat datang khas dari suku Paser. Selanjutnya dalam sambutannya, Bupati Paser menitipkan sejumlah harapan kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, terkait dengan beberapa wewenang yang diemban oleh Pengadilan Agama mengenai penyelesaian perkara-perkara, seperti perkawinan, warisan, wasiat, zakat, dan ekonomi syariah.

Dari beberapa urusan perkara ini, yang paling mengemuka adalah kasus perceraian. Di Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara, tahun 2016 tercata 865 kasus. Dan di awal tahun 2017 saja, ada seratusan perkara, dengan alasan perceraian didominasi karena faktor cemburu dan ekonomi. Angka ini cukup memprihatinkan, mengingat bahwa ada generasi-generasi penerus bangsa yang dibesarkan dalam sebuah keluarga. Saya berharap Negara, dalam hal ini Pengadilan Agama dapat hadir di antara masyarakat kita agar dapat meminimalisir angka tersebut. Kabupaten Paser membutuhkan anak-anak yang lahir dan besar dari keluarga yang berbahagia sehingga dapat menyongsong hari esok yang lebih baik, pungkasnya.

Dalam kesempatan lain, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan istimewa dari Pemerintah Kabupaten Paser, semoga hubungan dan komunikasi yang sudah terjalin baik ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat pencari keadilan terkhusus masyarakat di Kabupaten Paser. Sehubungan dengan meningkatnya perkara perceraian pada tiap tahunnya, kami pihak Pengadilan Agama sudah menggunakan Mediasi sebagai cara awal dalam penyelesaian perkara sebelum dilanjutkan ke tahap pemeriksaan, disamping dengan memberikan pelatihan sertifikasi Hakim Mediator guna menambah Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam hal mediasi.

 

Di akhir acara, dilakukan pemberian cenderamata dari Pemerintah Kabupaten Paser kepada Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, juga dari Pengadilan Agama Tanah Grogot kepada Pemerintah Kabupaten Paser.(MR)