Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

Ketua PTA Samarinda, Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Anggaran dan Laporan Keuangan

 

Samarinda |www.pta-samarinda.net [07/06/2017] 

Bersama Kementerian dan Lembaga lain yang bertindak sebagai Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran/Barang Wilayah (UAPPA/B-W), Pengadilan Tinggi Agama Samarinda bertindak untuk dan atas nama Mahkamah Agung Republik Indonesia telah menanda tangani nota kesepahaman dengan Direktorat Jenderal Perbendahaan dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Penanda tanganan nota kesepahaman ditanda tangani langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda (Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H, M.Hum), Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (Midden Sihombing), dan Kepala Kanwil XIII Ditjen Kekayaan Negara (Suya Hadi, S.H.) pada hari ini Rabu [07/06/2017] pada acara yang dirangkai dengan kegiatan sosialisasi dan Focus Group Discussion mulai pukul 16.00 WITA s.d. selesai.

Nota kesepahaman yang digagas oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan ini merupakan wujud dari itikad baik Kementerian keuangan dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan satuan kerja selaku koordinator wilayah sebagai mitranya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran dan Pelaporan Keuangan khususnya di wilayah Kalimantan Timur dan Utara.  Dengan nota kesepahaman ini juga diharapkan bisa meningkatkan koordinasi dan kinerja Kementerian Keuangan dalam tugasnya sebagai pengelola fiscal, bisa bersama-sama dalam perumusan kebijakan dan pedoman dalam pelaksanaan anggaran.

Dengan adanya nota kesepahaman ini, kedua belah pihak bias melakukan studi perbandingan dan pertukaran informasi dengan mengedepankan prinsip kesetaraan, kerjasama, kemanfaatan bersama dan  keterbukaan informasi dengan tetap saling menjaga kerahasiaan data masing-masing pihak yang sifatnya dirahasiakan.

Dalam diskusinya, Madden Sihombing dengan mengatas namakan Kanwil Ditjen Perbendaharaan bersama Ditjen Kekayaan Negara, dan ditjen Pajak sangat membuka diri bagi seluruh satuan kerja yang bermaksud meminta bantuan pendampingan dan pembinaan dalam hal pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan. “Jika diantara bapak Ibu ada yang memiliki permasalahan terkait pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan, dan memerlukan bantuan kami dipersilahkan untuk menyampaikannya kepada kami. Bapak Ibu memerlukan tenaga-tenaga kami sebagai narasumber, Bapak Ibu tidak perlu pusing memikirkan honorarium narasumbernya. Kami dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Kekayaan Negara dan Ditjen Pajak akan mengirim tenaga-tenaga narasumber yang paling handal dengan honorarium narasumber gratis”, ungkap Madden Sihombing yang langsung disambut anggukan kepala Surya Hadi (Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara).

Lebih lanjut Madden Sihombing menyampaikan bentuk keseriusannya dari nota kesepahaman ini bahwa disamping siap menyediakan tenaga narasumber gratis, jika diantara satuan kerja juga ternyata tidak memiliki tempat pertemuan yang cukup memadai di kantornya, maka Kanwil Ditjen Perbendaharaan juga bersedia meminjamkan tempat pertemuannya dengan catatan dikoordinasikan terlebih dahulu.

Di penghujung acara setelah selesai penanda tanganan nota kesepahaman, acara ditutup dengan buka puasa bersama dan Shalat maghrib berjama’ah sebelum akhirnya acara ditutup. [Aa – Jai –Yan]