Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

Samarinda |www.pta-samarinda.net [01/06/2017]

“Jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia. Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua anda Indonesia, semua anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila”. Demikian petikan dari sambutan Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.

Penetapan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016. Dan surat keputusan tersebut menetapkan juga bahwa pada tanggal tersebut merupakan hari libur nasional. Hari lahir Pancasila diperingati dengan pelaksanaan upacara bendera oleh seluruh instansi pemerintah, tidak terkecuali Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.

Dimulai pada pukul 07.45 wita Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di halaman Kantor Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum. bertindak selaku Inspektur Upacara. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, para Hakim Pengadilan Agama Samarinda dan Karyawan Karyawati Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dan Pengadilan Agama Samarinda.

 

Upacara tersebut berlangsung dengan sangat khidmad. Bapak Drs. Hairil Anwar, M.H. selaku Komandan Upacara memimpin jalannya upacara. Selain dibacakan sambutan Presiden Republik Republik Indonesia tentang Hari Lahir Pancasila oleh Inspektur Upacara, dibacakan juga Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Hari Lahir Pancasila oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Dengan ditetapkannya hari lahirnya Pancasila ini semakin mengukuhkan Pancasila sebagai dasar dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.