Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

Sumber : www.hukumonline.com [07/06/2017]

KALA FASILITAS LAYAK SANG PENGADIL JAUH DARI HARAPAN

Realisasi pemenuhan fasilitas hakim oleh negara merupakan bagian terpenting dalam pelayanan publik yang berkeadilan dan memperkokoh independensi hakim.

 

 

Profesi hakim membutuhkan keahlian khusus dan tanggung jawab besar dalam menjalankan tugas peradilan. Namun, besarnya tanggung jawab hakim tidak berbanding lurus dengan jaminan fasilitas yang diterima sebagai pejabat negara. Fenomena ini dapat dilihat dari masih banyak hakim yang belum mendapat jaminan fasilitas seperti kendaraan dinas dan tempat tinggal (rumah) dinas yang layak dan memadai.


Read more: Kala Fasilitas Layak Sang Pengadil... >>
Print
Karena Iklan Kampanye Beda dengan Iklan Rokok 
Pengujian UU Pemilu 
www. hukumonline.com [22/1/09]

Iklan kampanye dipandang memiliki dampak yang luar biasa bagi negara dibanding iklan rokok. Karenanya, sanksi melanggar iklan kampanye dalam UU Pemilu diperberat dibanding dengan sanksi melanggar iklan rokok dalam UU Pers. Lex Specialis derogat legi generali digunakan sebagai dalil.


Read more: Info Hukum Terkini >>
Print
Ada Sembilan Substansi Krusial dalam Revisi UU MK

www.hukumonline.com  [28/10/08]

Pemerintah minta pengalaman di bidang hukum “ketatanegaraan” dihapuskan, diganti dengan ukuran lamanya masa pengalaman seseorang di bidang hukum.

Bisa jadi ke depan, hakim konstitusi tak lagi didominasi guru besar atau akademisi dan hakim berlatar belakang hukum tata negara. Salah satu syarat menjadi hakim konstitusi selama ini adalah negarawan yang menguasai konstitusi dan ketatanegaraan. Malah belakangan ada usulan rumusan “mempunyai pengalaman kerja di bidang hukum ketatanegaraan” sekurang-kurangnya 10 tahun dan atau pernah menduduki jabatan kenegaraan.


Read more: Revisi UU MK >>