Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

ACARA NUZULUL QUR’AN DAN

BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR

PENGADILAN AGAMA TENGGARONG

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id [15/06/2017]

Peringatan Nuzulul Quran yang berlangsung di Mushalla Al-Hikmah Pengadilan Agama Tenggarong, pada Kamis 15 Juni 2017, dihadiri oleh seluruh Hakim, Pegawai, Anggota Dharmayukti Karini, Honorer dan Karyawan Posbakum Pengadilan Agama Tenggarong. Peringatan ini juga dibarengi dengan acara buka puasa bersama dalam rangka meningkatkan tali silaturahim di kalangan keluarga besar Pengadilan Agama Tenggarong.

Dengan mengangkat tema “Dengan Momentum Peringatan Nuzul Qur’an 1438 H. Kita Tingkatkan Nilai-Nilai Syari’at Islam Melalui Produk Peradilan Agama Demi Terwujudnya Peradilan Agama Yang Agung di Kabupaten Kutai Kartanegara”, acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Qoriah Kasyifatussaja, M.Pd.I. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Tenggarong, Drs. Syahidal, menyampaikan bahwa dengan acara ini diharapkan kesadaran mengangkat nilai-nilai syari’at Islam demi mewujudkan Peradilan Agama yang Agung di Kabupaten Kutai Kartanegara dapat bertumbuh.

Puncak acara diisi dengan siraman rohani oleh Ustadz H. Abu Ali, BA., Pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah Tenggarong yang dalam tausiahnya, beliau menyampaikan bahwa Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak doa, dan terdapat tiga waktu mustajab untuk berdoa di Bulan Ramadhan, yang diyakini doa kita akan dikabulkan atau diijabah oleh Allah SWT. Tiga waktu tersebut pertama; pada sepertiga malam yang terakhir atau bertepatan pada waktu sahur, kedua; sepanjang masa kita berpuasa dan ketiga; pada saat detik-detik menjelang berbuka puasa. Karenanya Ustadz H. Abu Ali menganjurkan agar memperbanyak doa pada ketiga waktu tersebut, tentunya dengan doa yang penuh keyakinan dan kesungguhan hati karena pada saat itulah umat mukmin yang berpuasa tengah berada dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri sehingga Allah senang mengabulkan doa mereka.

Pada kesempatan tersebut Ustadz H. Abu Ali juga mengingatkan agar seluruh aparat Pengadilan Agama Tenggarong senantiasa mengaktualisasikan nilai-nilai Islam ke dalam semua pelaksanaan tugasnya sehari-hari, sehingga segala aktifitas kerja akan selalu bernilai ibadah kepada Allah SWT.

Memasuki waktu berbuka, seluruh hadirin disuguhkan makanan takjil dan selepas Maghrib, hidangan makan malam juga telah disajikan dengan apik. Meskipun terkesan sederhana, acara berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa kekeluargaan. Acara buka puasa bersama ini telah menjadi program rutin Pengadilan Agama Tenggarong setiap Ramadhan, dan semoga momen kebersamaan ini akan tetap terus dipertahankan hingga tahun-tahun ke depan.