Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

KHIDMATNYA UPACARA

PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

DI PENGADILAN AGAMA TENGGARONG

 

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id [01/06/2017]

Dengan di tetapkannya Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo. Tahun ini merupakan tanggal merah pertama peringatan Hari Lahir Pancasila dan ini merupakan hari lahir yang ke-72 dan sama dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Dan ini pertama kali kita memperingati, karena Keppres baru terbit tahun yang lalu.

Untuk memperingati hari lahirnya Pancasila, Pengadilan Agama Tenggarong mengadakan upacara di halaman kantor, dan selaku Pembina Upacara yaitu Wakil Ketua Pengadilan Agama Tenggarong Dr. H. Sukri HC, MH. dan Upacara diikuti oleh seluruh pegawai.

Acara berlangsung dengan khidmat, sampai di pertengahan acara upacara, pembacaan Sambutan Presiden RI yang pada awalnya berisi; Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Dan diakhir sambutannya berisi; Kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila.

Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Semua anda Indonesia, semua anda Pancasila.

Saya Indonesia, saya Pancasila.