Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

features Beranda

 
Print

Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila Di PA Balikpapan

Balikpapan | www.pa-balikpapan.go.id [01/06/2017]

Hujan yang mengguyur kota Balikpapan sejak subuh hari tidak menyurutkan semangat dan tekad pegawai PA Balikpapan untuk melaksanakan kegiatan upacara memperingati hari lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2017. Pelaksanaan upacara memperingati lahirnya Pancasila tahun 2017 ini dilaksanakan sesuai edaran dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-437/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2017 dan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 204/SEK/HM.01.2/5/2017.

Upacara dimulai tepat pukul 07.45 WIT dibawah guyuran hujan yang sangat lebat tidak menghalangi Yuri Adi Dharma, S.Kom (Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan) selaku Komandan Upcara menyiapkan barisan peserta upacara sebagai tanda akan dimulainya pelaksanaan upacara.

Inspektur Upacara Drs. M. Kahfi, S.H, M.H (Wakil Ketua PA Balikpapan) dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya upacara peringatan hari lahirnya Pancasila adalah sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mana menetapkan setiap tanggal 1 Juni adalah sebagai hari lahirnya Pancasila. Dimana selain untuk mengingat kembali peristiwa ditetapkannya Pancasila sebagai Dasar Negara RI pada 1 Juni 1945, namun juga sebagai upaya semakin meningkatkan kecintaan dan kesetiaan pada Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara. Sebagai bukti nyata bahwa Pancasila sebagai dasar Negara yang harus dipertahankan adalah pemerintah telah menetapkan 2 hari peringatan tentang Pancasila, yaitu tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila dan tangga 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila. 

Pada rangkaian upacara peringatan lahirnya Pancasila  tahun 2017 ini juga dibacakan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 dan ditutup dengan doa. (YR**)